Posted by : Unknown Kamis, 28 Februari 2013

Bagi mahasiswa Matematika tingkat akhir yang akan atau sedang menyeleseikan Studi Literatur maupun Skripsi, biasanya menghadapi kesulitan dalam mencari dan mendapatkan referensi jurnal ilmiah yang cocok atau bersesuaian dengan topik penelitiannya. Jurnal yang paling baik dijadikan referensi yaitu jurnal internasional. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana hasil-hasil penelitian yang berhubungan dengan topik penelitian kita di dunia internasional. Disamping itu, bertujuan untuk memastikan bahwa penelitian yang akan kita lakukan menjadi hot topic di dunia.
Ada beberapa tips untuk mencari dan mendapatkan jurnal yang berhubungan dengan Matematika:
  • Konsultasi dengan Dosen tentang referensi Jurnal yang menunjang penelitian Anda.
Anda bisa berkonsultasi dengan Dosen yang memiliki konsentrasi keilmuan sama dengan topik penenlitian yang Anda lakukan. Cara ini cukup efektif untuk mencari jurnal atau referensi penelitian Anda, karena Dosen Anda tentunya sudah berpengalaman dalam hal mencari jurnal ataupun referensi, apalagi kalau konsentrasi keilmuannya sama.
  • Pencarian melalui internet.
Ada beberapa tips jika Anda mencari jurnal atau referensi melalui internet.
  1. Melalui mesin pencari (search engine), misal Google. Caraya Anda tinggal ketikkan kata kunci (keyword) dari topik penelitian Anda pada Google. Misal: Arabic Character Recognition using Fuzzy Logic filetype: pdf. Pilihlah halaman-halaman dalam format pdf, biasanya halaman-halaman dengan format file pdf itu adalah jurnal.
  2. Kunjungi situs-situs yang menyediakan jurnal-jurnal hasil penelitian. Akan tetapi, terdapat dua kategori: berbayar dan gratis. Kalau Anda ingin yang gratis, berikut ini ada beberapa situs yang bisa Anda kunjungi:
Selamat Mencoba!

sumber: math.uinbdg.ac.id

{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © Himatika Sains - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -