Posted by : Unknown Rabu, 13 Agustus 2014



Alhamdulillah kita telah melewati bulan Ramadhan yang penuh berkah ini dengan istiqomah. Pada Ramadhan kali ini Himatika Sains kembali melaksanakan pesantren Ramadhan atau yang biasa disebut pesantren kilat (Sanlat). Segala puji bagi Allah yang telah membuat acara ini berjalan dengan baik dan lancar. Pesantren Ramadhan ini memiliki tema “Anggun dalam Moral, Unggul dalam Intelektual” dan dilaksanakan di dua tempat serta dalam waktu yang berbeda yaitu di Majalaya pada tanggal 14-16 Juli 2014 dan di Cileunyi pada tanggal 18-21 Juli 2014. Sanlat ini sebenarnya diusung oleh pihak jurusan yang kemudian direalisasikan oleh himatika sains, dalam hal ini yang bertanggung jawab adalah bidang Sosial Masyarakat (Sosmas).  Acara ini merupakan salah satu bentuk pengabdian jurusan kepada masyarakat sekitar yang bertujuan untuk menambah wawasan Peserta terhadap nilai-nilai agamis agar tercipta pribadi yang berakhlaqul karimah.
Melalui pesantren kilat anak-anak dapat menerima nila-nilai keagamaan sebagai dasar pembentukan kepribadian dan moral yang akan tertanam dalam jiwa dan sanubari, dan juga dapat mempelajari aspek-aspek kebersamaan, kekompakan, kepemimpinan, dan kemasyarakatan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Acara ini sekaligus menjadi bukti nyata dari bentuk kepedulian jurusan Matematika dan Himatika Sains kepada penciptaan generasi berintelektual dan berakhlakul karimah.

            Dalam acara ini terdapat beberapa kegiatan diantaranya adalah pengajaran, games, bakti sosial (Baksos), lomba-lomba, dan Himatika Berbagi (Hiber). Ini adalah dokumentasi dari sub acara pembelajaran yang dibawakan oleh divisi pengajar.  
Materi-materi yang diberikan dalam pembelajaran ini ialah seputar tahsin dan jarimatika. Adapun bagi anak-anak yang belum dapat membaca al qur’an mendapat pengajaran khusus untuk mengetahui bagaimana cara membaca al qur’an dengan baik dan benar.
Kegiatan lainnya adalah himatika berbagi (Hiber), Hiber ini bertujuan untuk membantu para peserta didik yang kekurangan sarana dan prasarana dalam menggali ilmu.
            Adapun harapan penulis agar ke depannya acara yang memberikan sejuta manfaat baik kepada masyarakat umum ini terus menjadi agenda tetap dari jurusan. Juga diharapkan agar segala ilmu yang telah dibagi menjadi sangat bermanfaat serta silaturahmi yang terjalin akan tetap terjaga.
           


Penulis: Umul Latifah

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Himatika Sains - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -